Waspada, 3 Masalah Kesehatan Yang Bisa Muncul Akibat Abu Vulkanik

Share on Facebook

Pasti Anda sudah mendengar tentang berita tentang meletusnya Gunung Sinabung dan Gunung Kelud akhir-akhir ini. Meletusnya sebuah gunung aktif bisa mengakibatkan hujan abu vulkanik. Jelas, abu vulkanik ini bisa mengganggu kesehatan Anda. Kira-kira masalah kesehatan apa saja sih yang diakibatkan oleh abu vulkanik ini?

Masalah pernapasan
Poin pertama ini pasti sudah Anda duga. Yup, menghirup abu vulkanik jelas sangat berbahaya bagi pernapasan. Semakin banyak abu yang masuk terhirup ke saluran pernapasan Anda, jelas semakin berbahaya.

Gejala yang timbul kalau Anda mulai terkena masalah abu vulkanik:

  • Iritasi saluran pernapasan dengan keluarnya ingus
  • Iritasi tenggorokan, radang tenggorokan, dan batuk kering.
  • Sakit di dada, batuk, napas pendek, napas berbunyi, dan sesak napas.
  • Bernapas menjadi tidak nyaman dan sulit.

Kalau sebelumnya Anda memiliki riwayat kesehatan tentang saluran pernapasan yang buruk. Gunakan masker atau tempat yang sekiranya aman. Abu vulkanik akan membuat penyakit Anda bisa-bisa makin parah.

Masalah mata
Abu vulkanik berbeda dengan abu biasa. Abu vulkanik memiliki sudut kristal runcing yang bisa menggores mata Anda. Tak hanya menyebabkan iritasi, bisa saja abu vulkanik merusak kornea mata Anda apalagi kalau Anda menggunakan lensa kontak. Lindungi mata Anda dengan menggunakan kacamata, Ladies.

Masalah kulit
Tak hanya masalah pernapasan dan mata yang bisa saja Anda alami, Ladies. Abu dari gunung berapi ini bisa saja membuat kulit Anda iritasi dan gatal-gatal. Hal ini disebabkan karena abu vulkanik mengandung zat berbahaya bagi kulit.

Nah Ladies, apabila Anda berada di daerah yang sedang diguyur abu vulkanik, lengkapi dulu perlengkapan Anda. Jangan lupa jaket, masker, dan kacamata.

 

Sumber: Merdeka.com

Bagaimana pendapat anda tentang website ini?

( 68 )
( 12 )
( 17 )

087649

Pengunjung hari ini : 23
Total pengunjung : 87649
Hits hari ini : 135
Total Hits : 335204
Pengunjung Online: 1